Tutup
Masuk
Silakan masuk untuk melihat ditail akun Anda :
E-Mail :
Password :

Blog

Home » Blog » telkom-jadikan-sukabumi-menjadi-smartcity---
11 Sep 2017

Telkom Jadikan Sukabumi menjadi Smartcity

 

Telkom meluncurkan program Telkom Modern City di Kota Sukabumi pada awal Agustus 2017 lalu. Program yang memodernisasi jaringan dari kabel tembaga menjadi 100% fiber optic tersebut menjadikan Sukabumi sebagai kota pertama Telkom Modern City di Indonesia.

 

Modernisasi itu ditetapkan bersamaan dengan proses menonaktifkan STO  (Sentral Telepon Otomat) Sukabumi serta 59 STO lainnya di seluruh Indonesia, menandai perubahan sistem jaringan menjadi fiber optic.

 

Sebelumnya, proses pendirian modern city ini menghabiskan waktu sekitar 3 tahun. Telkom dan Pemerintah Kota Sukabumi bertekad untuk sama-sama menjaga estetika kota melalui  pembenahan jaringan sekaligus memberikan layanan komunikasi digital yang lebih baik dan modern.

 

Penerapan jaringan fiber optic di Sukabumi dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan masyarakat secara umum. Supaya nantinya bisa menikmati layanan teknologi informasi dan komunikasi terintegrasi atau Internet of Things seperti Home Security, Office Security, dan aplikasi lain yang mendukung implementasi smart city.

 

Kota Sukabumi sendiri saat ini menempati peringkat 8 dari 25 kota pilot project smart city dalam hal kesiapan infrastruktur.  Peran Telkom yang diwakili oleh Telkom Witel Sukabumi dalam penerapan smart city Kota Sukabumi diimplentasikan melalui dukungan penyediaan jaringan internet untuk seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Sukabumi sehingga seluruh SKPD saat ini telah memiliki aplikasi masing-masing.

 

Telkom juga mendukung sekitar 15 puskesmas di Kota Sukabumi dengan aplikasi E-Puskesmas beserta jaringan internetnya. Tujuannya, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Sukabumi. Masyarakat juga dapat menikmati layanan pemantauan CCTV Online milik Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dimana Telkom berperan menyediakan jaringan dan server-nya.

 

Adapula penyediaan Wifi Corner agar masyarakat dapat dengan mudah mengakses internet dan melakukan berbagai kegiatan positif. Titik akses Wifi Corner antara lain berada di halaman Masjid Agung Sukabumi. Terdapat juga Alun-alun Digital hasil kerjasama Telkom dengan Pemkot Sukabumi dalam menyediakan titik akses internet bagi publik.

 

Sektor UKM ataupun Industri lain di Sukabumi dapat pula menikmati layanan digital ini untuk menggenjot produktivitas. Karena teknologi berbasis fiber optik ini mampu menyediakan bandwidth lebih besar dan meminimalisir resiko gangguan. 

 

Jika Kongkowers ingin mencoba layanan Kongkow Conferencing selama dua minggu secara gratis, silakan masukan data anda di halaman https://www.kongkow.com/quotation.

Jika Kongkowers masih kurang jelas atau perlu informasi tentang conference call, silakan hubungi kami di nomor (021) 3049-9504 atau email kami di info [at] kongkow [dot] com.

 

 

 

Heap | Mobile and Web Analytics