Tutup
Masuk
Silakan masuk untuk melihat ditail akun Anda :
E-Mail :
Password :

Blog

Home » Blog » ini-dia-asal-usul-dan-sejarah-satelit
27 Mar 2017

Ini Dia Asal Usul dan Sejarah Satelit

 

Hallo Kongkowers, pernah dengar istilah satelit, kan? pastinya pernah dong. tapi, ngga semua tahu gimana asal usul dan sejarah satelit, apa sebenarnya definisi satelit dan manfaat satelit untuk kehidupan kita? untuk itu, yuk kenal lebih dekat dengan  satelit.

 

Satelit merupakan sebuah benda di angkasa yang berputar atau mengorbit mengikuti benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni, satelit alam dan satelit buatan.

 

Untuk dapat beroperasi satelit diluncurkan ke orbitnya dengan bantuan roket. Negara -negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, Perancis dan belakangan Cina, telah memiliki stasiun untuk melontarkan satelit ke orbitnya.

Berdasarkan asal usul dan sejarah satelit. Pertama kali, satelit buatan manusia diluncurkan oleh Uni Soviet bernama Sputnik 1 tepat pada 4 Oktober 1957. Peluncuran itu juga mengawali Program Sputnik Rusia dan memicu lomba ruang angkasa antara Soviet dan Amerika Serikat.

 

Katanya, Sputnik 1 bermanfaat membantu mengidentifikasi kepadatan lapisan atas atmosfer dengan cara mengukur perubahan orbitnya dan memberikan data dari distribusi signal radio pada lapisan ionosphere.

 

Pada 3 November 1957, Sputnik 2 diluncurkan dan membawa awak makhluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama Laika.

 

Pada Mei 1946, Amerika Serika meluncurkan Project Rand dan berpikir untuk meluncurkan satelit pengorbit di bawah Kantor Aeronotis Angkatan Laut Amerika Serikat atau Bureau of Aeronautics of the United States Navy. Pernyataan terlontar, kendaraan satelit berisi instrumentasi yang tepat diharapkan jadi perangkat ilmu yang canggih untuk abad ke-20.

 

Project RAND milik Angkatan Udara Amerika akhirnya mengeluarkan laporan, tetapi tidak mengungkapkan bahwa satelit memiliki potensi sebagai senjata militer, melainkan untuk alat ilmu, politik, dan propaganda.

 

Pada tanggal 29 Juli 1955, Gedung Putih mencanangkan proyek peluncuran satelit pada 1958. Hal ini kemudian diketahui sebagai Project Vanguard. Pada tanggal 31 Juli, Soviets mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan satelit pada musim gugur 1957.

 

Pada awal 1955, Angkatan Udara Amerika dan Angkatan Laut mengerjakan Project Orbiter dan menggunakan wahana Jupiter C untuk meluncurkan satelit. Proyek ini berlangsung sukses, dan Explorer 1 menjadi satelit Amerika pertama pada 31 januari 1958.

 

Pada bulan Juni 1961, tiga setengah tahun setelah meluncurnya Sputnik 1, Angkatan Udara Amerika menggunakan berbagai fasilitas dari the United States Space Surveillance Network untuk mengkatalogkan sejumlah 115 satelit yang mengorbit bumi.

 

Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah International Space Station.

 Salam

 

Tim Kongkow

 

 

 

 

 

Heap | Mobile and Web Analytics