Tutup
Masuk
Silakan masuk untuk melihat ditail akun Anda :
E-Mail :
Password :

Blog

Home » Blog » heboh-pembatasan-tarif-begini-kronologi-isu-batas-bawah-tarif-data-internet---
11 Sep 2017

Heboh Pembatasan Tarif, Begini Kronologi Isu Batas Bawah Tarif Data Internet

 

Baru-baru ini, industri telekomunikasi dihebohkan dengan isu pembatasan batas bawah tarif layanan data internet yang diusulkan oleh salah satu operator seluler, sebut saja Indosat. Mau tau kronologinya?

 

Pada 19 Juli 2017 lalu, Direktur Utama Indosat Alexander Rusli mengirimkan surat resmi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang di dalamnya berisi tentang usulan pembatasan tarif data internet di level minimal atau biasa disebut batas bawah tarif layanan data internet.

 

Menurut dia, tarif layanan data internet di Indonesia sudah semakin tidak rasional dan membuat persaingan di industri telekomunikasi semakin tidak sehat. Dinamika pasar penyedia jaringan seluler semakin tidak sehat karena persaingan ketat antara operator, bahkan cenderung terjadi perang tarif.

 

Makanya, pemerintah diminta turun tangan untuk mengatur besaran tarif data internet supaya industri telekomunikasi bisa lebih sehat. sekarang ini, terlalu banyak operator dan persaingan industri telekomunikasi juga semakin tidak sehat. maka pemerintah dianggap perlu melakukan intervensi.

 

Selama ini tarif layanan data belum diatur oleh pemerintah sehingga industri bisa bebas menetapkan tarif masing-masing.

 

Dalam perkembangannya, pihak pemerintah yang diwakili Kementerian Komunikasi dan Informatika mengaku akan mempertimbangkan usulan tersebut dan berencana menerapkan batas bawah tarif data. Tetapi pemerintah tak akan menentukan besaran batasan tarif, melainkan menyiapkan formulasi perhitungannya berdasarkan komponen tertentu.

 

Variabel perhitungan data sangat beragam dan ngga merata di seluruh wilayah di Indonesia. Jenis-jenis tarif juga beragam, ada tarif normal, tarif promosi, tarif regional perdaerah, dan tarif paket data lainnya.

 

Nah, tarif data yang ideal untuk digunakan operator adalah melalui perhitungan biaya elemen jaringan ditambah dengan biaya retail atau marketing dan profit margin. Sehingga operator dapat menentukan tarif data kepada pelanggan melalui perhitungan tersebut.

 

Jika Kongkowers ingin mencoba layanan Kongkow Conferencing selama dua minggu secara gratis, silakan masukan data anda di halaman https://www.kongkow.com/quotation.

Jika Kongkowers masih kurang jelas atau perlu informasi tentang conference call Telkom, video conference Telkom  silakan hubungi kami di nomor (021) 3049-9504 atau email kami di info [at] kongkow [dot] com.

 

 

 

Heap | Mobile and Web Analytics